Surat Al-Lail, balasan syurga bagi dermawan

27 December 2011 at 9:36 pm Leave a comment

Sahabat muslim yang di Rahmati Allah. Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah semata. Selanjutnya sholawat dan salam bagi Nabi Muhammad Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam.

Kejadian malam ini seperti hendak memberikan ‘sesuatu’ kepada saya, dan maaf bila ini pun saya share juga kepada sahabat muslim.
Malam ini, di penghujung tahun 2011, saya mendapat kesempatan melaksanakan kegiatan perposkoan, kegiatan yang memastikan bahwa layanan kepada pelanggan tidak terputus sepanjang pergantian tahun, tahun ini.

Sementara mendapat waktu luang, saya menikmati siaran televisi yang membahas, mengkaji Surat Al-Lail, surat ke 92 dari Al-Quranul Karim. Dan untuk menambah pemahaman, saya cari kata kunci di mesin pencari google dan yang terpilih adalah link ke Wikipedia.

Support WikipediaLuar biasa, di Wikipedia ini saya dapatkan apa yang saya butuhkan saat ini. Maha Besar Allah dengan segala firmanNYA. Al-Lail menjadi inspirasi saya malam ini.
Alhamdulillah.

Inilah kutipan asbabun nuzul dari surat Al-Lail dari sumbernya, semoga bermanfaat.

Ada beberapa riwayat yang memberitakan Asbabun Nuzul (sebab-sebab turunnya) surah al-Lail, diantaranya dari Ibnu Hatim, Al-Hakim, dan Al-Bazzar.

Dalam riwayat Ibnu Hatim dikatakan bahwa surah al-Lail turun berkenaan pemilik pohon kurma yang bakhil. Diceritakan bahwa pemilik pohon kurma tersebut memiliki pohon yang mayangnya menjulur hingga ke rumah tetangganya yang fakir dan memiliki banyak anak. Tiap kali berbuah, ia memetik hasilnya dari rumah tetangganya, namun bila kurma tersebut jatuh dan dipungut oleh anak-anak tetangganya yang fakir, ia segera merampasnya. Bahkan yang sudah masuk ke mulut anak-anak itu juga dipaksa dikeluarkannya. Kemudian, orang fakir itu mengadukan hal itu kepada Nabi Muhammad yang berjanji akan menyelesaikan masalahnya. Nabi kemudian bertemu dengan pemilik kurma dan bersabda, “Berikanlah kepadaku pohon kurma yang mayangnya menjulur ke rumah si Anu, dan bagianmu sebagai gantinya pohon kurma di surga.” Pemilik pohon kurma itu berkata, “Hanya sekian tawaran tuan? Aku mempunyai banyak pohon kurma dan pohon kurma yang diminta itu paling baik buahnya.” Kemudian pemilik pohon kurma itu pergi. Pembicaraan itu didengar oleh seorang dermawan yang langsung datang kepada Nabi dan berkata, “Apakah tawaran tuan itu berlaku juga bagiku, jika pohon kurma itu telah menjadai milikku?” Nabi menjawab “Ya.” Orang itu kemudian menemui pemilik pohon kurma. Pemilik pohon kurma itu berkata, “Apakah engkau tahu bahwa Muhammad Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam menjanjikan pohon kurma di surga sebagai ganti pohon kurma yang mayangnya menjulur ke rumah tetanggaku? Dan bahwa aku telah mencatat tawarannya, akan tetapi buahnya sangat mengagumkan, padahal aku banyak mempunyai pohon kurma, dan tidak ada satupun pohon yang selebat itu.” Orang dermawan itu berkata, “Apakah kau mau menjualnya.”

Ia menjawab, “Tidak, kecuali apabila ada orang yang sanggup memnuhi keinginanku, akan tetapi pasti tidak akan ada yang sanggup.” Dermawan itu berkata lagi, “Berapa yang engkau inginkan?” Ia berkata, “Aku inginkan empat puluh pohon kurma.” Ia pun terdiam kemudian berkata lagi, “Engkau minta yang bukan-bukan, baik aku berikan 40 pohon kurma kepadamu, dan aku minta saksi jika engkau benar mau menukarnya.” Ia memanggil sahabat-sahabatnya untuk menyaksikan penukaran itu.

Dermawan itu pun menghadap kepada Nabi dan berkata, “Ya Rasulullah! Pohon kurma itu telah menjadi milikku dan akan aku serahkan kepada tuan.” Nabi Muhammad kemudian menemui fakir itu, “Ambillah pohon kurma ini untukmu dan keluargamu.”

Kemudian turun seluruh surah al-Lail yang membedakan kedudukan dan akibat orang yang bakhil dengan orang dermawan.

Entry filed under: Artikel Islam, Pojok Iman. Tags: .

Final Macau Open 2011, Indonesia tempatkan Liliyana/Tontowi Apa itu BWF World Superseries Final?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Penulis di Blog-ku

Twitt saye…

Komentar Pengunjungku

Arsip Tulisan

Kalender

December 2011
M T W T F S S
« Sep   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

RSS Infokom

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 145,483 hits

Web Hosting Gratis

Free Website Hosting

%d bloggers like this: