Hati-hati Demam Berdarah (DBD) Mengancam di Sekitar Kita

14 July 2009 at 9:29 am Leave a comment

Dalam beberapa minggu ini, kebetulan saya hampir setiap minggu ke RS untuk konsul saya dan keluarga,
mendapati bahwa hampir 90% pasien yang datang diindikasikan terserang DBD.

Apa itu DBD saya juga kurang tau pasti,-(menurut penulusuran di internet –http://www.koalisi.org-dikatakan bahwa DBD disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini dapat berakibat fatal bagi penderita jika terlambat ditangani. Keterlambatan penanganan penyakit ini antara lain disebabkan oleh terlambatnya deteksi DBD pada penderita. Hal ini karena gejala awal DBD pada dasarnya serupa dengan gejala infeksi akut lainnya. Menurut kriteria World Health Organization (WHO), diagnosa DBD ditentukan berdasarkan gejala klinik berupa panas tinggi, perdarahan, pembesaran hati, dan syok, serta penurunan trombosit dan peningkatan hematokrit)- yang jelas pengalaman pribadi saya doeloe sewaktu masih duduk di bangku kelas 2 SD saya pernah terserang penyakit ini (setidaknya begitulah analisa dokter kala itu),…dan memang kejadian itu sendiri adalah hari ke-tujuh dari kepulangan (ke-Rahmatullah) keponakan tersayang saya akibat DBD ini. Sebulan lamanya saya harus dirawat di rumah sakit;
seminggu di RSUD Singkawang dan sebulan di RSUD Sei Jawi (sekarang RSSA). Wuih sakit nggak karu-karuan, bahkan seperti orang yang sudah dipersiapkan da-da-da…. hehehe.
Tapi, Allah punya rencana lain,…. alhamdulillah saya bisa melewati masa kritis tersebut.

Eh,…kepanjangan curhatnya ya…sorry

Oh ya, sebagai antisipasi…(karena memang sudah mewabah) ada baiknya segera persiapkan dan banyak mengkonsumsi buah-buahan, lebih baik lagi buah jambu merah jika sulit dicari,…kebetulan saya diberikan resep oleh dokter, suplement yang mengandung komposisi sama yaitu Remufit (dalam bentuk saccet, harganya tadi di Apotik Mandiri 2 rp 10.500,- per kotak / 6 saccet)…ini baru saya coba komsumsi, mudah-mudahan memang bisa bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh dan pengurangan pembekuan sel darah merah….

Mudah-mudahan Allah menjauhkan kita dan keluarga kita sekalian dari wabah penyakit ini dan segala penyakit yang lain. Amin.

Entry filed under: Tidak terkategori. Tags: , , , , , .

Lallak, makanan melayu kala susah Tersulit adalah memulai mewujudkan rencana

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Penulis di Blog-ku

Twitt saye…

Komentar Pengunjungku

Arsip Tulisan

Kalender

July 2009
M T W T F S S
« Feb   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

RSS Infokom

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 145,483 hits

Web Hosting Gratis

Free Website Hosting

