Wisata Pasar Beringin Singkawang

29 June 2008 at 7:45 am 3 comments

Ketika aku pulang ke Singkawang dalam kesempatan yang sangat langka minggu yang lalu, aku bersama istriku pagi-pagi sudah berangkat ke pasar tradisional kota kelahiranku, Pasar Beringin Singkawang. Masih seperti biasa, Pasar Beringin -walau terlihat semrawut, disana-sini terlihat pedagang menggelar jualannya kurang rapi- menawarkan berbagai kebutuhan sehari-hari rumah tangga, mulai sayur mayur, bumbu-bumbu, ikan-ikan segar dari laut maupun sungai, daging, ayam potong. Bahkan di kompleks pasar ini pun ada yang menjual pakaian juga emas.

Apa yang menarik jika kita ke Pasar Beringin? Teringat aku di waktu masih kecil dahulu, masih duduk di bangku SD, jika kesini aku selalu meminta kepada ibu atau kakak yang mengajakku untuk minta dibelikan es parut. Es parut adalah batang es yang sengaja di parut menggunakan ‘parutan’ tentunya sehingga es diserut menjadi halus, kemudian dengan berbagai tambahan sebagai campuran seperti kacang hijau, kacang tanah, cincau, cendol dan agar-agar ditambah air gula sebagai pemanis. Wuiiih….nikmatnya.

Itu dulu, namun kali ini aku hanya menemukan si penjualnya saja, seorang warga etnis tionghoa yang saat ini sedang berjualan cincau kaleng susu. Wajahnya masih sangat mudah ku kenali, tak banyak berubah, bahkan terkesan awet muda, karena usianya kurasa sudah melebihi angka 60. “Tak bisa bersaing dengan es modern be pak, yo yang di muke ye?” tuturnya dengan bahasa sambas logat etnis tionghoa. Sayang sampai saat ini aku tidak tau siapa namanya. Mudah-mudahan jualan cincaunya maju ya pak.

Kembali ke Pasar Beringin, kini apa yang ada dibenak pengunjung pasar jika ke sini? Setidaknya bagiku yang sudah sangat jauh dari sini. Yang paling ku cari adalah ikan teri kering, belacan sedau, udang ebi sungai, dan ikan tongkol kering. Semua akan menjadi oleh-oleh buat dibawa pulang.
Selain itu apalagi yang menarik di sini? Jangan lupa beli tahu, yang terkenal empuk dan tidak asam. Buat orang yang ingin merasakan lauk pauk kampung, peda merah dari udang halus atau disebut juga cincalok bisa menjadi pilhan juga.

Jangan lewatkan untuk ke sisi sungai, tempat pasar ikan digelar. Lihat dan belilah ikan-ikan segar yang baru dinaikkan dari perahu motor para nelayan. Sotong, udang, tongkol, kakap merah, parang-parang, bawal, tamban, celang mate, teri basah, malong, dan ikan kecil lainnya seperti kerisi.
Disisi sungai juga ebelah pasar ikan, ada kamar daging. Daging yang segar, baru dipotong subuh tadi. Wisata pasar ini sungguh menakjubkan! Dijamin kelelahan anda karena berkeliling tak terasa akan hilang meresap saat langkah-langkah kaki dan sepasang mata anda melihat ke setiap sudut Pasar Beringin ini.

Kompleks Pasar Beringin memang tidak terlalu luas, namun jenis dagangan dan bahan kebutuhan bertumpuk ruah disini, seolah cukuplah kesini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tak khayal terminal induk Singkawang yang seyogyanya menjadi terminal yang bagus, karena tidak berada dekat dengan pusat kebutuhan warga Kota Singkawang dan sekitarnya, menjadi terbengkalai, tidak digunakan.

Bagaimana dengan kondisi pasar selanjutnya? Kami hanya bisa berharap, semoga ada perhatian khusus dan campur tangan pihak pemerintahan kota untuk mengembangkan pasar ini menjadi lebih baik dan modern tanpa harus menghilangkan berbagai keunikan dan kekhasan yang sudah tertanam dibenak para pengunjung, baik lokal maupun luar sana. Ayo Pemkot Singkawang, bise khan???

Entry filed under: Umum. Tags: , , , , , .

Hadits Hasan Masakan Khas Melayu Sambas, Tanak Lade

3 Comments Add your own

  • 1. infogue  |  30 June 2008 at 11:42 am

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://pariwisata.infogue.com/wisata_pasar_beringin_singkawang

    Reply
  • 2. wisata murah indonesia  |  24 September 2010 at 7:05 pm

    wah klo es parut di mana2 banyak mas.. hehe.. selain itu ada makanan apa lagi yang jadi ciri khas sana ?
    thanks

    Reply
  • 3. soforenry  |  28 March 2013 at 4:05 am

    Just wondering, is it a a resource that worth to spend a time on?
    http://buycohibacigars.com

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Penulis di Blog-ku

Twitt saye…

Komentar Pengunjungku

Arsip Tulisan

Kalender

June 2008
M T W T F S S
« May   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

RSS Infokom

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 145,483 hits

Web Hosting Gratis

Free Website Hosting

%d bloggers like this: