Kenapa harus merokok?

4 June 2008 at 5:16 pm 1 comment

Kisah pribadi ini sengaja saya tuangkan dalam blog ini walau pun sudah agak lawas kejadiannya yakni rabu 22 Maret 2006 yang lalu. Tulisan serupa juga telah dilayangkan melalui milis dan email rekan-rekan penulis.

Alkisah, saya melihat dan mengalami betapa sampah rokok dan aksesorisnya menjadi suatu barang sangat mudah dilihat hampir setiap hari di kantor tempat saya menggantungkan diri mencari nafkah. Mulanya saya ambil dan buang ke tempatnya,..tong sampah tentunya🙂. Ironisnya ternyata tutup tong sampah sendiri sudah berwarna hitam akibat aksi mematikan rokok yang kurang etis.

Kemudian saya mencoba lakukan pendekatan person to person dan menggali informasi seputar kenapa dan mengapa harus merokok? 
Beberapa alasan yang sering saya dapatkan adalah untuk menghilangkan stres, penat dan sumpek dengan merokok beban terasa lebih mudah lepas dan hilang. Alasan lain agar lebih mudah konsentrasi, dengan merokok rasanya pekerjaan akan terasa lebih fokus dan mudah diselesaikan. Tak jarang pula beralasan iseng-iseng saja, sambil mengisi waktu yang terluang atau sambil istirahat sambil (juga, ..lagi) meneguk secangkir kopi.
Saya coba pahami dan memberikan argumen untuk mengganti alasan-alasan yang disampaikan dengan hal-hal lain misalnya rileks dan istirahat dengan minum minuman segar, duduk santai di halaman terbuka sambil membaca buku-buku dengan bobot bacaan yang ringan-ringan saja. Tetapi, agak sulit memang. Katanya mungkin sudah kecanduan ya?… Nah lho??… nyandu??😦 awas, hati-hati.    

Suatu ketika saya ditanya, kenapa sih kok usil dengan urusan orang yang merokok, apa anti rokok? Saya katakan, saya tidak anti orang merokok, justru saya sangat peduli dengan orang yang merokok. Yang saya inginkan adalah mari peduli lingkungan dalam lingkup kecil saja, yakni sampah rokok. Kemudian saya sampaikan keluhan saya yang selama ini mengganjal dalam benak saya, perilaku orang yang merokok cenderung mengabaikan lingkungan sekitarnya, baik itu tempat ia berada, orang di sekitarnya dan bahkan dirinya sendiri yang merokok.

Perilaku salah yang sering saya lihat ketika orang sedang dan akan memulai merokok; membuka bungkus rokok dengan diawali membuka segel dan pelapis plastik luar kotak rokok, kemudian membuka pelapis dalam yang biasanya berupa kertas berlapis aluminium, ambil sebatang dipelintir dipukul-pukulkan lalu membuang sedikit tembakaunya, selanjutnya ambil sebatang korek api dan cess…api menyala untuk menyulut rokok dan batang korek api yang telah terbakar dibuang. Beberapa saat kemudian asap rokok dihisap dalam-dalam dan pusss…asap dikeluarkan lagi mengepul di udara bebas. Selang semenit kemudian, abu rokok tanpa sadar dan terkadang mungkin juga sadar jatuh bukan ditempatnya. Setengah jam kemudian atau lebih cepat rokok dibuang dan dimatikan (beberapa kejadian malah lupa dimatikan) bukan pada tempatnya, jadilah ia puntung yang terbuang. Wuihh…terjadilah sampah-sampah rokok ada dimana-mana, kecil memang tapi banyak dan tak elok dipandang mata.😦

…… continuenya selanjutnya ya…

Entry filed under: Umum. Tags: , , , .

Kota Putussibau, berulang tahun ke-113 Virus Blue Fantasy,..virus apa ini?

1 Comment Add your own

  • 1. bejo  |  26 June 2008 at 9:58 pm

    anda memang nggak ngerokok tapi kalua malam dirokok kan ya nggak bang febri ?

    usul jak adakan lomba nggak ngerokok tiga hari berhadiah ?

    hadiah vitamin 2 , buah2 -an , susu segar

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Penulis di Blog-ku

Twitt saye…

Komentar Pengunjungku

Arsip Tulisan

Kalender

June 2008
M T W T F S S
« May   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

RSS Infokom

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 145,483 hits

Web Hosting Gratis

Free Website Hosting

