Frekuensi 3G Operator Bakal Ditambah

13 May 2008 at 8:16 pm Leave a comment

Dikutip dari detikinet 13/05/2008

Jakarta – Pemerintah akan menambah frekuensi 3G bagi operator seluler yang membutuhkannya jika yang bersangkutan dinilai telah memenuhi komitmen dalam lisensi modern.

Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh menegaskan demikian ketika diwawancarai detikINET di suatu kesempatan belum lama ini di Jababeka, Cikarang.

“Nanti dari hasil evaluasi audit jaringan 3G kita bisa tahu, operator mana yang kurang mengoptimalkan, dan mana yang justru kekurangan. Dari situ, yang tidak optimal frekuensinya akan kita cabut, dan yang membutuhkan akan kita tambah,” ujarnya.   

Kini ada lima operator seluler yang memiliki lisensi 3G yaitu Telkomsel, Excelcomindo Pratama (XL), Indosat, Natrindo Telepon Seluler (NTS), dan Hutchinson CP Telecom Indonesia (HCPT). Dan tiga besar di antaranya telah mengajukan permintaan resmi untuk menambah frekuensi.

Pada spektrum 3G di pita 2,1 GHz, frekuensi yang telah dialokasikan untuk kelima operator tersebut selebar 25 MHz. Artinya, masih ada sisa frekuensi yang bisa digunakan selebar 35 MHz.

Regulator melalui Tim Evaluasi Pemakaian Frekuensi saat ini masih mengevaluasi pemakaian frekuensinya sejak lisensi diberikan beberapa tahun lalu. Setelah evaluasi usai, baru kemudian disiapkan konsep pemberian frekuensi tambahan.

Dalam mengukur kebutuhan frekuensi, regulator akan melihat jumlah pelanggan, komitmen perluasan jaringan, dan model bisnis yang diterapkan. Tambahan frekuensi yang diberikan kepada operator yang dinilai layak, masing-masing selebar 5 MHz.

Namun, penambahan frekuensi tersebut harus disertai dengan pembayaran yang nominalnya belum ditentukan. Dirjen Postel Depkominfo Basuki Yusuf Iskandar mengisyaratkan, bisa saja biayanya sebesar up front fee saat lelang 3G dua tahun lalu yakni 160 miliar rupiah atau lebih. “Angka itu yang masih kita kaji,” ujarnya lagi.

Saat lelang frekuensi 3G dua tahun lalu, negara mendapatkan uang segar sekitar Rp 566 miliar. Angka itu di luar Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi yang jumlahnya bervariasi setiap tahunnya. Pada tahun pertamanya, tiga operator pemenang tender 3G, Telkomsel, Indosat, dan XL, harus membayar sebesar Rp 32 miliar.

Memberatkan Operator

Dirut Telkomsel Kiskenda Suriahardja dan Presdir XL Hasnul Suhaimi sama-sama berpendapat, jika besaran biaya yang dikenakan untuk tambahan frekuensi 3G senilai dengan BHP frekuensi ketika lisensi pertama kali diberikan, akan memberatkan operator karena model bisnisnya saat ini sudah berubah.

“Tarif yang kami kenakan sudah berubah dibandingkan ketika pertama kali lisensi 3G ada,” demikian kata mereka.

Sementara Hasnul menambahkan, frekuensi 3G miliknya dialokasikan 70% untuk data dan sisanya bagi layanan suara. Namun sayangnya, pendapatan yang dihasilkan dari layanan data hanya 10% bagi perusahaan. “Jika regulator mengenakan biaya semahal itu untuk mendapatkan frekuensi, bagaimana mungkin kami menurunkan tarif internet kami,” katanya.

Pun ia menyarankan, regulator menggunakan sistem insentif untuk memberikan frekuensi. Sehingga, jika operator mendapatkan tambahan frekuensi, ada jaminan bisa memberikan tarif internet murah. “Itu akan lebih menantang operator, dan masyarakat bisa merasakan dampaknya secara langsung,” pungkasnya.

Bagaimana menurut Anda tentang layanan 3G para operator telekomunikasi? Sampaikan di detikINET Forum.
( rou / dwn )

Entry filed under: Komunikasi. Tags: .

FWA di Kalimantan Barat, Anda mau pake yang mana? Lirik lagu “Pelangi-pelangi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Penulis di Blog-ku

Twitt saye…

Komentar Pengunjungku

Arsip Tulisan

Kalender

May 2008
M T W T F S S
« Nov   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

RSS Infokom

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 145,483 hits

Web Hosting Gratis

Free Website Hosting

%d bloggers like this: